Melihat banyaknya toko yang jual karpet masjid , tentu saja hal ini membuat semua orang kini bisa merasa semakin mudah untuk menemukan karpet masjid dimana-mana. Maka dari itulah, tak heran bila sekarang ini banyak sekali tempat untuk beribadah, seperti masjid yang telah dilengkapi dengan karpet masjid juga. Hanya saja, yang jadi permasalahannya sekarang adalah, sayangnya terkadang meskipun masjid sudah dilengkapi dengan karpet masjid, namun ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat karpet lama di masjid menjadi terlihat lebih baru dan lebih bersih.

Tips Mencuci Sendiri Karpet Masjid

Karena rasanya, beribadah di tempat yang kotor itu membuat semua orang menjadi tidak nyaman, khususnya dibagian karpet sajadah masjid. Maka dari itulah, kali ini akan kami berikan beberapa cara untuk merawat karpet masjid supaya karpet masjid yang awalnya kotor menjadi lebih bersih lagi tanpa harus memakai jasa laundry karpet. Bagaimanapun juga, karpet merupakan salah satu bagian interior di masjid yang banyak sekali kegunaannya.

Tidak hanya sekedar sebagai alas masjid saja saat sedang beribadah, namun karpet masjid ini juga bisa membuat desain interior masjid dan mushola menjadi lebih cantik. Dengan begitu, semua orang akan semakin giat untuk beribadah. Tak heran bila dari dulu sampai dengan sekarang ini, karpet telah menjadi salah satu bagian pelengkap bagi kehidupan manusia. Bahkan, seiring berjalannya waktu, hal ini membuat karpet semakin populer saja dari masa ke masa.

Namun, apa yang bakal terjadi bila ternyata karpet yang baru saja dibeli dari toko yang jual karpet masjid ini tiba-tiba saja kotor? Tentu Anda semua akan risih untuk melihatnya. Maka dari itulah, sabar dulu! Menjaga kebersihan itu memang penting sekali untuk kenyamanan dan kesehatan. Supaya Anda bisa terhindar dari tertularnya berbagai macam penyakit karena debu, bakteri, dan virus yang menempel pada karpet tersebut. Maka dari itulah, agar tidak terjadi hal-hal buruk seperti itu, sebaiknya simak saja dulu Tips Mencuci Sendiri Karpet Masjid berikut ini:

  1. Bentangkan saja karpet masjid tersebut pada lantai. Kemudian, bersihkan semua debu yang telah menempel pada karpet memakai bantuan dari vacum cleaner. Cara ini harus dilakukan sebelum Anda mencuci karpet tersebut menggunakan air. Karena sebenarnya kebanyakan kotoran dan debu yang ada di karpet itu berasal dari tumpukan debu .
  2. Bentangkan saja karpet yang barus saja dibersihkan tersebut pada pagar. Sehingga, Anda bisa menyangga karpetnya saat dibersihkan. Namun sebelum itu, pastikan bahwa posisi karpetnya harus sedikit lebih miring saat dipakai. Sehingga, ketika karpet dicuci dengan menggunakan aliran air, maka air bisa mengalir dengan mudah dan proses pembersihan karpet menjadi lebih mudah.
  3. Bila sudah, langsung saja semprot karpet yang dibentangkan tersebut di penyangga menggunakan air bersih. Namun, dalam melakukannya tersebut usahakan untuk memakai pompa steam air yang bertekanan tinggi . Sehingga, semua kotoran yang menempel pada karpet bisa langsung dilepaskan dan dibersihkan secara merata.
  4. Bila karpetnya sudah basah merata, maka langsung berikan cairan pembersih atau sabun yang khusus untuk membersihkan karpet. Sehingga, karpet menjadi tidak rusak.
  5. Sikat karpet dengan memakai sikat yang lembut, agar bulu karpetnya tidak rontok dan karpetnya tidak aksar sesudah mengering.
  6. Pastikan semua kotorannya telah disikat sampai bersih. Bila sudah, langsung siram menggunakan air bersih. Dengan membilas karpet inilah akan membuat semua kotoran dan sisa sabun yang tertinggal bisa segera dibersihkan.
  7. Vacum kembali karpet yang sudah dicuci menggunakan facum yang bisa menyedot air juga hingga air yang tersisa di dalam karpet sangat sedikit.
  8. Jemur karpet dan langsung keringkan . Jangan langsung dijemur dibawah paparan sinar matahari. Karena hal ini bisa merusak karpet Anda. pastikan Anda menjemur di area yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Agar kualitas karpet selalu terjaga.
  9.  Setelah karpet masjid benar benar kering, berilah parfum khusus untuk karpet agar karpet harum dan nyaman digunakan.

Berikut Tips Mencuci Sendiri Karpet Masjid semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu anda bila ingin memcuci karpet masjid secara mandiri.