Harga karpet masjid dari toko karpet masjid ini umumnya sebanding dengan kualitas dan bahan material yang dipakai. Tentu saja hal ini berkaitan dengan proses perawatan dari karpet masjid tersebut yang harus dilakukan dengan cara rutin. Karpet yang berkualitas itu sudah pasti memiliki serat kain yang jauh lebih baik. Dengan begitu, Anda membutuhkan perlakuan khusus untuk bisa merawat karpet masjid yang berkualitas ini dengan benar. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk merawat karpet masjid dengan benar , antara lain:

Tips Merawat Karpet

 

Singkirkan Bau yang Tidak Sedap

Anda bisa merawat karpet masjid ini supaya bisa membuat bau yang tidak sedap karena keseringan digunakan menjadi hilang dan tidak bau lagi. Sebenarnya, hal yang seperti ini sangat wajar sekali. karena memang karpet masjid ataupun karpet jenis apapun yang dipakai selama seharian penuh atau digunakan selama berhari-hari itu sudah pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan bau yang apek. Maka dari itulah, salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan menambahkan pewangi yang disemprot pada karpet masjid tersebut.

Selain menggunakan pewangi, Anda juga bisa menyingkirkan bau karpet yang tidak sedap ini dari bahan alami. Yaitu, dari baking soda. Cara untuk melakukannya sangat mudah sekali! Anda hanya perlu menaburkan baking soda ke semua bagian permukaan karpet hingga merata. Setelah itu, diamkan saja hingga 45 menit supaya baking soda itu bisa berproses dengan sempurna. Setelah itu, Anda bisa langsung membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu.

Pakai Penyedot Debu!

Selanjutnya, Anda bisa langsung menyingkrikan semua debu dan kotoran yang telah menempel pada karpet masjid ini menggunakan penyedot debu. Hal yang satu ini harus benar-benar dilakukan dulu dari awal, bahkan Anda harus lebih sering menggunakan penyedot debu ini untuk membersihkan karpet masjid yang baru saja dibeli dari tempat yang jual karpet masjid agar semua debunya dapat disingkirkan dengan mudah dan sampai bersih.

Tujuannya adalah supaya semua debu yang menempel tersebut bisa segera disingkirkan dengan baik dan maksimal, dengan waktu yang lebih cepat dan singkat. Ketika menggunakan alat penyedot debu ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama ketika digunakan untuk membersihkan masjid yang ukurannya cukup besar. maka dari itulah, terkadang dibutuhkan alat yang lebih dari satu dan butuh persiapan awal yang lebih baik agar karpet masjid bisa segera dibersihkan.

Semprot Menggunakan Air

Anda bisa menyemprotkan air yang bersih pada karpet masjid yang kotor ini agar debu yang menempel bisa segera hilang. Ketika menyemprotkan air ini sebaiknya jangan memakai timba, karena itu bisa melelahkan sekali. selain itu, menggunakan alat ini tidak akan membuat karpet masjid menjadi bersih dengan sempurna. Bahkan, alat ini Cuma akan membuat karpet menjadi basah tanpa membuat karpetnya menjadi bersih.

Maka dari itulah, sebaiknya berikan semprotan air yang bertekanan tinggi agar semua kotoran yang menempel bisa hilang dan bersih. Anda bisa memakai semprotan yang umumnya dipakai untuk mencuci mobil atau mencuci motor. Karena alat ini cukup efektif untuk membersihkan debu dan kotoran yang membandel pada karpet masjid.

Gunakan Sabun yang Khusus

Ketika membersihkan debu dan kotoran karpet masjid itu harus memakai sabun khusus. Sehingga, semua kotoran yang menempel pada karpet masjid ini bisa segera dibersihkan. Selain itu, sabun khusus bisa tetap menjaga karpet masjid terhindar dari kerusakan karena sabun biasa. Setelah itu, gosok memakai sikat yang lembut agar hasilnya lebih baik. Namun, jangan juga terlalu kasar dan halus. Yang penting harus sesuai dengan kotoran yang menempel, tanpa merusak tekstur dari karpet masjid itu sendiri.

Jemur yang Benar dan Gantungkan!

Sebaiknya jemur karpet masjid ini dengan benar. Namun, jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung. Karena bila Anda menjemurnya tepat dibawah terik sianr matahari, hal ini bisa membuat warnanya menjadi memudar dan karpetnya menjadi rusak dan kraung bagus. Maka dari itulah, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya jemur saja karpet masjid ini tepat di tempat yang beratap. Sehingga, karpet masjid yang dibeli dari toko karpet masjid bisa terlindung oleh sinar matahari dan hujan.